Pasangan Lesbian Pertama Asal Jepang Bercerai

Pasangan Lesbian Pertama Asal Jepang Bercerai

Lesbian

Pasangan Lesbian Pertama Asal Jepang Bercerai

Pasangan Lesbian Pertama Asal Jepang Bercerai, – Pasangan lesbian ini bahagia sekali ketika mendengar Pemda Shibuya Tokyo, Jepang mengesahkan pembuatan “sertifikat partnership” akhir Maret lalu bagi pasangan sejenis. Meskipun demikian, mereka seperti wanita lain, tetap saja ingin memiliki anak sesuai nalurinya sebagai wanita.

“Saya senang sekali saat mendengarnya, sehingga resmi sesama jenis bisa berkumpul,” papar Koyuki Higashi (30), Kamis.

Meskipun demikian kegembiraan itu barulah satu langkah awal yang masih panjang. “Kami ingin agar ini menjadi hukum yang kuat mengikat resmi menjadi UU dan tersebar luas ke semua daerah di Jepang. Tentu perlahan-lahan tak bisa mendadak ya.”

Ketika ditanyakan apakah ada keinginan punya anak, keduanya langsung menjawab, “Tentu saja kami ingin sekali punya anak, senang sekali kalau kami berdua bisa punya anak. Tapi cara bayi tabung masih belum diperbolehkan secara hukum di Jepang, jadi paling-paling kami akan lakukan adopsi.”

Koyuki Higashi dan Hiroko Masuhara (37) adalah pasangan wanita pertama Jepang yang menikah dan diumumkan luas kepada masyarakat.

Pasangan lesbian, yakni aktris yang juga aktivis perempuan Jepang, Koyuki Higashi, dan pasangannya seorang pengusaha, Hiroko Masuhara, memutuskan bercerai setelah menikah secara resmi selama 2 tahun lebih.

Sebenarnya mereka sudah hidup bersama sejak 4 tahun lalu. Keputusan bercerai disampaikan pada 25 Desember lalu ditandai dengan pengembalian sertifikat pernikahan ke otoritas di Distrik Shibuya. Tapi tidak disebutkan alasan mereka bercerai. Demikian dikutip dari http://bobsledsong.com/.

Mereka merupakan pasangan lesbian (LGBT) pertama di Jepang yang menikah secara resmi pada 2015. Undang-undang Jepang sebenarnya tidak mengatur pernikahan sesama jenis. Namun pada 2015, otoritas di Distrik Shibuya, Tokyo, mengelurkan sertifikat pernikahan sesama jenis untuk pertama kalinya. Selain Shibuya, Distrik Setagaya juga sudah mengeluarkan sertifikat yang sama.

Dalam pernyataan bersama, mereka akan tetap berteman setelah berpisah.

Higashi dan Masuhara melangsungkan pernikahan di Tokyo Disney Resort pada November 2013, meski saat itu hubungan rumah tangga sesama jenis dianggap ilegal.

Tidak hanya itu, pasangan sesama jenis harus berjuang mendapatkan tempat tinggal karena sulit untuk mendapatkan apartemen. Bahkan, untuk menjenguk pasangan yang dirawat di rumah sakit, mereka tidak diperbolehkan karena dianggap tidak punya hubungan satu sama lain.

Higashi menjadi penyuka sesama jenis lantaran kerap mengalami kekerasan seksual oleh ayahnya saat kecil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *