Monas Batal Dibuka Kembali

Monas Batal Dibuka Kembali

Sosial

Monas Batal Dibuka Kembali

Monas Batal Dibuka Kembali, – Kawasan Taman Monumen Nasional (Monas) batal dibuka hari ini, Sabtu. Semula Monas dan sejumlah wisata luar ruangan lainnya di Jakarta direncanakan akan dibuka kembali untuk umum kendati kasus Covid-19 masih tinggi.

“Iya (batal dibuka hari ini),” ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Monas, Isa Sanuri saat dikonfirmasi, Sabtu.

Isa belum bisa memastikan kapan Monas bisa mulai dibuka untuk umum. Ia mengaku masih menunggu instruksi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terkait hal itu.

Namun, Isa menyatakan keputusan Monas batal dibuka usai pihaknya melihat kondisi di beberapa tempat wisata atau kawasan lain, yang beberapa waktu sebelumnya kembali beroperasi.

Dia bilang, tingginya animo masyarakat untuk kembali menikmati kawasan taman atau tempat wisata di Jakarta, termasuk Monas membutuhkan persiapan khusus. Pihaknya juga mendapati laporan di tempat lain yang sempat diprotes oleh warga usai kembali dibuka atau beroperasi.

“Kayak kemarin di Senayan kan berjubel. Nah, itu mungkin perlu persiapan-persiapan matang,” katanya.

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta sebelumnya mengumumkan pembukaan kembali sejumlah tempat wisata di Jakarta. Pembukaan kembali tempat wisata di Jakarta ini dilakukan di tengah meningkatnya kasus Covid-19

Keputusan tersebut tertuang di surat keputusan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor 131 Tahun 2020, tempat wisata jenis museum dan galeri sudah bisa beroperasi pada Juni hingga Juli 2020.

Sedangkan untuk taman wisata luar ruang (outdoor) dan dalam ruang (indoor) seperti Kebun Binatang Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah, termasuk Monas mulai dibuka kembali pada hari ini, Sabtu.

Berdasarkan pantauan sekitar pukul 9.30 WIB di kawasan Ikatan Restoran dan Taman Indonesia (IRTI) atau Lenggang Monas, terlihat sejumlah pedagang yang sudah membuka lapaknya. Namun, secara umum masih terlihat lengang dari pengunjung.

Banyak warga yang menantikan pembukaan Kembali Monas karena banyak tempat yang bisa mereka kunjungi, antara lain :

Berkunjung ke Museum Monas

Di bagian bawah cawan Monas, terdapat Museum Sejarah Nasional Indonesia. Di sana pengunjung dapat melihat 48 diorama yang menampilkan sejarah Indonesia dalam berbagai masa.

Naik ke pelataran puncak

Jangan lewatkan kesempatan untuk naik ke puncak Monumen Nasional. Dari ketinggian 115 meter, akan tampak panorama Kota Jakarta. Jika ingin suasana yang berbeda, naiklah ke puncak Monas pada malam hari. Untuk naik ke puncak Monas dikenakan biaya tambahan, sekitar Rp 10.000.

Melihat air mancur menari

Salah satu pertunjukan yang sayang dilewatkan ketika berkunjung ke Monas. Air mancur menari diiringi lagu khas Indonesia hanya ada pada Sabtu dan Minggu malam. Dibagi menjadi dua sesi, yakni pukul 19.30 dan 20.30. Gratis alias tidak dipungut biaya untuk melihat pertunjukan air mancur menari.

Melihat rusa

Monas memiliki taman rusa yang berisi puluhan rusa tutul. Letaknya berada di Taman Meda Merdeka, masih dalam kawasan Monas. Pengunjung dapat melihat rusa yang menggemaskan dan biasanya ada penjual makanan rusa agar pengunjung dapat memeberi makan rusa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *