Miss Myanmar 2019 Penyuka Sesama Jenis

Miss Myanmar 2019 Penyuka Sesama Jenis

Lesbian

Miss Myanmar 2019 Penyuka Sesama Jenis

Miss Myanmar 2019 Penyuka Sesama Jenis – Sebanyak 90 kontestan dari berbagai belahan dunia memperebutkan gelar Miss Universe 2019. Secara mengejutkan, finalis Miss Universe 2019 dari Myanmar, Swe Zin Htet mengaku penyuka sesama jenis.

Pengakuannya tersebut tentu saja jadi sensasi. Lantaran, Swe Zin adalah wanita pertama dalam sejarah Miss Universe yang mengaku penyuka sesama jenis.

Serba-serbi ajang Miss Universe memang selalu menjadi perbincangan publik. Berbagai hal menarik tersuguhkan di ajang kecantikan paling bergengsi ini. Selain prestasi wakil Indonesia yang berhasil masuk sepuluh besar, masyarakat juga sedang hangat membicarakan tentang pengakuan yang dilakukan oleh Swe Zin Htet.

Miss Myanmar ini mengaku bahwa dirinya merupakan penyuka sesama jenis. Pernyataan ini tentu mendapatkan beragam reaksi. Miss Universe kemudian menegaskan bahwa mereka mendukung sikap gadis 20 tahun itu untuk mengakui keunikannya.

“Kami merasa terhormat untuk memberikan landasan bagi perempuan yang kuat dan inspirasional seperti Miss Universe Myanmar, yang cukup berani untuk berbagi kisah unik mereka dengan dunia,” tulis Paula Shugart, pimpinan asosiasi Miss Universe, sebagaimana yang dilansir dari Insider.

Wanita 21 tahun itu memberikan pengakuannya dalam blog Missology pada 29 November 2019. Dia mengaku telah tiga tahun ini pacaran dengan seorang penyanyi bernama Gae Gae.

Setelah memenangkan gelar ratu kecantikan di Myanmar, Swe Zin memutuskan untuk memberitahu kepada publik terkait orientasinya tersebut. Baginya kejujuran sangat penting, meski ada risiko mendapatkan hujatan.

“Aku pikir hal tersebut lebih membantu dibanding menyakitkan dengan mengaku sebagai lesbian dan memperlihatkan siapa diriku sebenarnya,” ujar Swe Zin, seperti dikutip People.

Swe Zin mengaku bahwa kebanyakan orang Myanmar belum bisa menerima tentang LGBTQ. Swe Zin mengaku ingin lebih menyuarakan tentang keberadaan kaum LGBT agar bisa lebih diterima di masyarakat.

Pertama dalam sejarah, Miss Universe 2019 izinkan partisipasi penyuka sesama jenis

Selama 67 tahun penyelenggaraan, belum pernah ada pengakuan dari kontestan dengan orientasi sesama jenis. Pihak Miss Universe menyampaikan dukungan terhadap diversity dan tentunya sikap Swe Zin Htet yang berani menyuarakan pendapatnya beberapa hari sebelum kompetisi di Atlanta, Amerika Serikat. Miss Myanmar ini pun berhasil mengikuti tahapan seleksi meski tak berhasil keluar sebagai pemenang.

Swe Zin Htet menjadi perhatian publik setelah pengakuannya

“Saya menyadari sepenuhnya tentang orientasi seksual saya sejak lama. Saya tahu saya salah satu dari ‘mereka’ pada tahun 2015,” Swe Zin Htet di media sosial.

Ia juga berharap memiliki suara yang lebih luas dengan menjadi bagian dari Miss Universe. Miss Supranational Myanmar 2016 sudah sejak lama menyampaikan dukungannya tentang kesetaraan dan akan menjadi misi yang ingin ia emban di masa depan.

Tuai pro kontra, Swe Zin Htet mendapatkan banyak dukungan netizen di sosial medianya

Pernyataan yang mengejutkan itu membuat kolom komentar Instagram Swe Zin Htet ramai diserbu netizen. Meski mendapatkan beberapa komentar negatif, namun sebagian besar penggemar mendukung tindakan wanita yang disapa ‘Superman’ ini dan meminta ia untuk tetap menjadi diri sendiri.

Saat ini LGBT masih menjadi hal yang ilegal di Myanmar. Namun Swe Zin Htet berharap semakin banyak yang berani bersuara dan memperjuangkan hak bersama dirinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *