Menteri Keuangan Berikan Komentar Terkait Covid-19

Menteri Keuangan Berikan Komentar Terkait Covid-19

Sosial

Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan Berikan Komentar Terkait Covid-19 yang dinilai berdampak sangat luas. Pandemi Virus Corona ini bahkan memberikan dampak di sektor ekonomi dan politik mengalami penurunan.

Menteri Keuangan Berikan Komentar Terkait Covid-19

“Namun, kita melihat pandemi Covid-19 menimbulkan efek yang luar biasa. Masalah kesehatan menjadi masalah sosial, masalah ekonomi, masalah keuangan, dan masalah politik.” Katanya dalam diskusi virtual yang digagas oleh Institut Pertanian Bogor (IPB), Sabtu (27/6/2020).

Sri Mulyani pun menambahkan jika di Indonesia mengalami peningkatan kasus Covid-19 seiring dengan jumlah tes yang ditingkatkan. Peningkatan terbesar terjadi saat menjelang musim lebaran 2020 lalu.

Ia mengatakan, Daftar Sbobet88 saat Covid-19 melanda Indonesia di awal Maret 2020, jumlah rapid test ataupun PCR hanya sekitar 1.000 orang. Rendahnya tes saat itu, kata dia, disebabkan Indonesia masih mengimpor alat rapid test dan PCR.

Dilihat juga : Fakta Menarik Tentang Suku Aborigin Penduduk Asli Australia

Namun, ucapnya, sekarang Indonesia sudah bisa melakukan tes dengan alat buatan dalam negeri sebanyak 15.000. Tes per hari sehingga dapat orang yang terindikasi dan terdeteksi terpapar virus Covid-19 makin banyak.

“Namun, apa pun yang dilihat tetap pusat penyebaran Covid di Indonesia adalah berada di Jawa, terutama di DKI sekarang bergeser ke Jawa Timur,” ucapnya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu mengatakan, penyebaran Covid-19 di Jawa membawa konsekuensi. Sebab, Pulau Jawa motor utama penggerak perekonomian Indonesia. “Padahal, daerah-daerah ini penyumbang PDB terbesar di Indonesia.

DKI 18 persen, Jawa Timur 14,9 persen dari PDB-nya, Jawa Barat 13,4 persen, Jawa Tengah 8,6 persen,” katanya.

“Sehingga, pada saat kita menghadapi dampak Covid-19 dari sisi kesehatan, kita langsung lihat ke dalam dampak ekonominya, karena mereka adalah pusat-pusat ekonomi,” sambung Sri Mulyani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *