Mengenal tentang biseksual dan ciri ciri nya sebagai pengetahuan

Mengenal tentang biseksual dan ciri ciri nya sebagai pengetahuan

Bisexual

Pengetian biseksual

Mengenal tentang biseksual dan ciri ciri nya sebagai pengetahuan – Orientasi seksual adalah sebuah spektrum, bukannya dua buah kutub berlawanan arah seperti yang selama ini dimengerti sejak lama. Spektrum itu sendiri artinya adalah rentang kondisi yang luas yang dikelompokkan secara bersama. Oleh karena itu, orientasi seksual tidak hanya terdiri dari heteroseksualitas (laki-laki menyukai perempuan, atau sebaliknya), namun juga ditemani oleh homoseksualitas (menyukai sesama jenis) dan biseksualitas di tengah ragam orientasi seksual lainnya. Lantas, bisakah mengetahui seperti apa ciri biseksual?

Apa itu biseksual?

Biseksualitas termasuk ke dalam spektrum ragam orientasi seksual dalam payung LGBTQ+. Beda dengan gay atau lesbian yang tertarik hanya dengan seseorang yang berjenis kelamin sama, biseksual adalah orang-orang yang memiliki ketertarikan emosional, romantis, intelektual, dan/atau seksual pada laki-laki atau perempuan.

Ciri biseksual yang bisa Anda rasakan dan kenali pada diri sendiri

Anda bisa menyadari orientasi seksual Anda di berbagai momen dalam hidup Anda. Beberapa orang menyadari preferensi seksual mereka sejak usia dini, sementara orang lain baru mulai memahami perbedaan orientasi seksual mereka di usia dewasa. Penting untuk dicatat bahwa tidak ada satu hal/kejadian yang dialami dalam kehidupan yang bisa ‘membuat’ seseorang menjadi gay, lesbian, atau biseksual.

Orang-orang yang memiliki orientasi biseksual memiliki beberapa ciri atau karakteristik. Anda bisa melihat beberapa karakteristik orang-orang dengan orientasi biseksual di bawah ini. Berikut ini beberapa ciri-ciri biseksual adalah:

  • Memiliki daya tarik lebih kuat terhadap salah satu jenis kelamin meskipun masih memiliki daya tarik untuk keduanya
  • Memiliki hubungan heteroseksual yang stabil dan sesekali hubungan homoseksual. Sebaliknya, memiliki hubungan homoseksual yang stabil dan sesekali hubungan heteroseksual
  • Merasa nyaman memiliki hubungan romantis atau seksual dengan orang yang berasal dari kedua jenis kelamin berbeda
  • Suka berganti antara heteroseksual dan homoseksual

Istilah Biseksual Lainnya

Ternyata, biseksual memiliki istilah lain. Ada juga beberapa orang yang lebih suka menyebut orientasi seksual mereka dengan sebutan yang lain dibandingkan dengan sebutan biseksual.

Berikut ini adalah beberapa sebutan lagi untuk orang yang memiliki orientasi biseksual:

  • Pansexual
  • Ambisexual
  • Omni-sexual
  • Sexually fluid

Sejarah Biseksual

Faktanya, biseksual bukan baru ada di zaman modern. Orientasi biseksual telah ada sejak zaman dahulu. Beberapa kisah tentang sejarah biseksual di beberapa negeri pada zaman kuno menguatkan bahwa orang-orang dengan orientasi biseksual telah ada sebelumnya.

Penyebab Biseksual

Orang-orang dengan orientasi biseksualitas dilatarbelakangi oleh beberapa penyebab. Informasi mengenai penyebab biseksual bisa Anda simak dengan seksama melalui penjelasan di bawah ini.

Berikut ini adalah penyebab biseksual adalah:

1. Menjadi korban pelecehan seksual

Banyak kasus pelecehan seksual yang membuat korban memiliki kecenderungan untuk menjadi biseksual. Biasanya, hal ini dialami oleh korban berjenis kelamin laki-laki dengan pelaku yang juga laki-laki.

Anak lelaki yang menjadi korban pelecehan seksual oleh pelaku pria cenderung untuk memiliki ingatan dan pengalaman melakukan hubungan homoseksual. Pengalaman hubungan homoseksual yang tidak diinginkan ini bisa saja muncul saat korban beranjak remaja atau dewasa walau dorongan alamiahnya yang merupakan heteroseksual tetap ada.

2. Pengasuhan dengan jenis kelamin sama

Penyebab biseksual juga bisa disebabkan oleh pengasuhan. Pengasuhan dengan jenis kelamin yang sama tanpa diimbangi dengan sosok yang memiliki jenis kelamin berbeda, memungkinkan munculnya orientasi biseksual.

3. Diperkenalkan dengan perilaku tersebut

Orang-orang yang telah diperkenalkan dengan perilaku biseksual akan memiliki orientasi biseksual. Orang tua yang mendidikan tanpa disertai moral yang baik untuk diikuti bisa memberi peluang biseksual terhadap anaknya.

4. Ingin dianggap menarik oleh pria dan wanita

Ada beberapa orang yang ingin agar dirinya menarik baik bagi pria maupun bagi wanita. Hal ini memang tidak semestinya karena pada umumnya seorang wanita ingin menarik perhatian laki-laki dan sebaliknya seorang pria ingin menarik perhatian para wanita.

Apabila orang yang ingin pria dan wanita tertarik padanya maka itu bisa jadi penyebab dari orientasi biseksual. Biasanya, orang biseksual yang dikarenakan penyebab ini mengetahui cara menarik pria dan juga wanita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *