Mengenal Ragam Lambang Bendera LGBT+

Bisexual Gay Gay dan Lesbian Lesbian LGBT

Mengenal Ragam Lambang Bendera LGBT+ – Bagi kamu yang belum mengetahui, LGBT adalah singkatan Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender. Singkatan ini sudah digunakan sejak awal 90-an, meskipun komunitas ini sudah mulai mendapat pengakuan sejah pertengahan 80-an.

Sejarah Bendera Pelangi Khas LGBT: Pengganti Simbol Bikinan NAZI - Tirto.ID

Kini, perjuangan persamaan hak dan kesetaraan dalam kesempatan di berbagai sektor sudah semakin kencang digaungkan. Salah satunya, dengan kehadiran lambang bendera untuk mewakili setiap LGBT+, yang artinya mencakup berbagai spektrum seksualitas dan gender.

Ini dia ragam lambang bendera LGBT+

1. LGBT+ atau bendera gay

Mengkutip dari / bendera ini adalah yang paling umum di ketahui masyarakat. Kenapa pelangi? Karena ragam warna merepresentasikan solidaritas terhadap sesama meskipun berbeda latar belakang. Di tahun 2017, bendera pelangi tersebut mendapat tambahan warna cokelat dan hitam untuk memberi ruang bagi orang kulit hitam di dalam komunitas.

2. Bisexual

Didesain tahun 1988 oleh Michael Page, warna ungu pada bendera menunjukkan bahwa warna tersebut bisa masuk ke pink dan biru, karena orang biseksual seringkali seperti melebur di antara komunitas gay maupun heteroseksual.

3. Trans

Berkat bertemu dengan Michael Page, Monica Helms ingin ikut membuat bendera sendiri untuk kaum transgender. Hingga, muncul, deh, bendera ini. Warna biru merepresentasikan lelaki trans, pink untuk perempuan trans dan putih mewakili non-binary.

4. Progress

Ingin lebih inklusif, Daniel Quasar yang seorang queer dan non-binary, menambahkan lima warna berbentuk panah, untuk merepresentasikan semua aspek dalam komunitas LGBT+.

5. Lesbian

Gradasi warna dari keluarga merah ini merepresentasikan warna merah pada gincu yang dikawinkan dengan simbol Venus dan bendera pelangi.

6. Intersex

Intersex adalah ketika seseorang lahir dengan variasi karakter seksual, baik dari sisi kromosom, hormon, maupun genital yang sulit untuk didefinisikan sebagai perempuan maupun lelaki pada umumnya. Lambang lingkaran adalah untuk merepresentasikan keutuhan dan potensi yang tidak bisa dihancurkan, serta simbol bahwa kita bisa menjadi apa saja yang kita mau.

7. Pansexual

Konon menurut http://bienvenueabord-lefilm.com , lambang yang belum diketahui siapa yang mencetuskan ini, sudah dipakai sejak 2010. Warna biru dan pink tentu mewakili gender lelaki dan perempuan, sedangkan kuning mewakili gender yang lain. Namun, intinya panseksual adalah orientasi seksual yang tertarik terhadap orang lain, tanpa melihat gendernya.

Itu dia beberapa macam lambang LGBT+.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *