Memahami Apa Itu LGBT

Memahami Apa Itu LGBT

Gay dan Lesbian

Memahami Apa Itu LGBT

Memahami Apa Itu LGBT, – LGBT adalah singkatan dari Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender. Penggunaan istilah ini pada awalnya bertujuan untuk disematkan pada inividu yang memiliki kecenderungan seksual tersebut.

Lesbian dan gay

Lesbian dalam LGBT adalah sebuah orientasi seksual ketika perempuan mempunyai kecenderungan seksual menyukai sesama perempuan. Lesbian merupukan istilah yang lebih spesifik dari ketertarikan seksual dengan sesama jenis (homoseksual).

Sementara itu, gay adalah sebutan homoseksualitas yang lebih spesisfik untuk lelaki yang punya kecenderungan seksusal menyukai sesama lelaki. Penggunaan kata lesbian dan gay menjadi umum setelah identitas dan kelompok kaum tersebut semakin terbentuk.

Dikutip dari laman http://haveyouseenhim.com, Istilah homoseksual dinilai banyak mengandung konotasi negative. Sehingga, dalam pergerakan senyap di berbagai media komunikasi, penyebutannya digantikan dengan gay.

Biseksual

Biseksual secara sederhana adalah sebutan untuk seseorang yang dapat tertarik kepada lelaki maupun perempuan. Jika orang-orang heteroseksual adalah yang menyukai lawan jenis, sedagnkan gay dan lesbian menyukai sesama jenis, biseksual secara mudah berada di tengah ragam orientasi seksual tersebut.

Transgender dan Transeksual

Istilah transgender, dalam LGBT sering memiliki pengartian yang salah dengan Transeksual. Jika seseorang melakukan prosedur operasi penggantian alat kelamin, ia lebih cocok disebut sebagai transeksual karena organ seksnya mengalami pengubahan. Di Indonesia, identitas tersebut lazim disebut waria atau wanita-pria.

Sementara istilah transgender merujuk pada orang-orang yang identitas gendernya berbeda dengan organ kelamin yang mereka dapatkan saat lahir.

Queer

Akhir-akhir ini juga muncul istilah baru yaitu queer. Sebagian orang merasa queer adalah bagian dari LGBT sehingga penyebutannya kerap menjadi LGBTQ.

Sederhananya, queer sebutan untuk mereka yang tidak merasa laki-laki atau perempuan. Queer adalah istilah untuk minoritas seksual yang bukan heteroseksual, heteronormatif, atau biner gender. Istilah ini mengundang kontroversi karena kaum LGBT juga tidak menyetujui istilah queer.

Masalah oriantasi seksual adalah masalah yang kompleks. Tidak hanya meliputi soal hubungan biologis, tetapi di dalamnya terdapat spektrum gender, sosial, dan identitas individu maupun kelompok.

Badan Kesehatan Dunia WHO pernah memuat buletin mengenai oreientasi seksual, kaum LGBT, dan kaitan keduanya dalam dunia kesehatan.

Di situs WHO disebutkan bahwa orientasi seksual mengacu pada kecenderungan gigih untuk mengalami ketertarikan seksual, fantasi, keinginan dan terlibat dalam perilaku seksual dengan pasangan dari jenis kelamin yang disukai.

Ketika individu mengategorikan diri mereka berdasarkan daya tarik, keinginan, dan perilaku seksual mereka, mereka digambarkan mengadopsi identitas orientasi seksual misalnya gay, lesbian, atau heteroseksual.

Penyebab orientasi seksual tidak diketahui tetapi cenderung mencerminkan beberapa campuran genetika, paparan hormon prenatal, pengalaman hidup dan faktor kontekstual sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *