7 Cara Mudah Mengobati Mata Bengkak karena Alergi

7 Cara Mudah Mengobati Mata Bengkak karena Alergi

society

7 Cara Mudah Mengobati Mata Bengkak karena Alergi

7 Cara Mudah Mengobati Mata Bengkak karena Alergi – Pembengkakan pada mata bisa terjadi karena banyak hal. Mulai dari yang ringan seperti karena menangis atau kurang tidur, hingga kondisi kronis karena radang.

Selain sebab-sebab tersebut, bengkak juga bisa terjadi sebagai bentuk reaksi alergi. Dilansir dari Web MD, ini terjadi karena sistem imun tubuh bereaksi berlebihan pada alergen, mengiranya sebagai partikel yang berbahaya. Penyebabnya beragam tergantung pada masing-masing orang. Mulai dari debu, serangga, makanan, hingga serbuk sari bunga.

1. Cuci mukamu

Pada umumnya mata bengkak yang disebabkan oleh alergi terasa gatal dan sakit. Kamu sebaiknya tidak menggaruknya. Sebab kulit kelopak mata cukup tipis, sehingga garukan kecil pun bisa menimbulkan luka.

Sebagai gantinya, Everyday Health menyarankan untuk membasuh muka ketika reaksi alergi muncul. Selain meredakan gatal, cara ini juga bisa membantu menghilangkan alergen yang menempel pada kulit.

2. Bilas mata dengan air

Pada sebagian kasus, alergi juga menyebabkan mata menjadi merah dan berair. Jika hal ini terjadi, segera bilas mata dengan air. Aliran air bisa membantu mengeluarkan alergen dari dalam mata. Namun jangan menggunakan air panas karena akan menimbulkan rasa tidak nyaman di mata.

3. Menggunakan kompres dingin

Dilansir dari http://tweeria.com/, kamu bisa mengompres mata yang bengkak dengan handuk dingin selama sepuluh menit. Kompres dingin bisa membantu mengalirkan cairan berlebih yang ada di kelopak mata sehingga bengkak segera kempis. Tidak hanya itu, mata juga bisa menjadi lebih rileks karenanya.

4. Jangan keluar rumah

Jika kamu memiliki alergi debu atau serbuk sari, sebaiknya hindari keluar rumah saat alergi sedang kambuh. Tidak hanya itu, kamu juga harus menutup jendela dan pintu agar tidak ada alergen yang menyerang.

5. Menggunakan obat tetes mata

Pada umumnya obat tetes mata untuk alergi mengandung zat ketotifen. Menurut jurnal yang dipublikasikan oleh BMJ Journals, ketotifen bekerja sangat baik dan efektif untuk meredakan reaksi alergi konjungtivitis dan musiman.

Setelah diteteskan, obat ini akan bekerja selama 12 jam. Hingga saat ini belum ada keluhan mengenai efek samping yang ditimbulkan.

6. Minum obat alergi

Dilansir Medical News Today, jika pembengkakan diiringi dengan hidung berair dan demam, maka ini waktunya untuk minum obat alergi. Pada umumnya dokter akan memberikan obat dengan kandungan antihistamine.

Menurut penelitian dari PubMed Central pada tahun 2018, antihistamine terbukti bisa meredakan reaksi yang timbul karena alergi. Mulai dari rasa gatal hingga pembengkakan. Obat ini aman untuk diminum segala usia, termasuk anak kecil. Namun kamu harus mengetahui bahwa antihistamine dapat menyebabkan kantuk.

7. Tidur dengan cukup

Saat matamu bengkak karena alergi, kamu harus mendapatkan tidur dengan cukup. Begadang hanya akan membuat kondisi mata lebih parah. Kamu juga bisa melakukannya sambil mengompres matamu. Dengan begitu, bengkak akan segera kempis keesokan harinya.

Selain cara-cara tersebut, kamu juga harus menghindari penyebab alergi yang terjadi padamu ya. Jangan khawatir, biasanya pembengkakan hanya terjadi selama beberapa jam atau beberapa hari saja kok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *