5 Pesan Moral yang Bisa Kamu Dapat dari Hobi Memancing

5 Pesan Moral yang Bisa Kamu Dapat dari Hobi Memancing

society

5 Pesan Moral yang Bisa Kamu Dapat dari Hobi Memancing

5 Pesan Moral yang Bisa Kamu Dapat dari Hobi Memancing – Meski terdengar kuno, memancing ikan nyatanya hingga kini masih memiliki banyak peminat. Berbekal serangkaian alat pancing beserta umpannya, kita rela menanti sesuatu yang kita sendiri belum tahu kepastian hasilnya. Bahkan jika nantinya nihil, malah terkesan menyia-yiakan waktu.

Masih ada stigma demikian, sesungguhnya hobi memancing ikan mengajarkan kita pada berbagai hal. Apa saja kita lihat berikut ini?

1. Untuk mencapai apa yang kita inginkan selalu ada prosesnya, perlu kesabaran

Kita semua tahu, memancing bukan hal yang mudah. Sering kali telah menunggu lama, tapi hanya seekor ikan yang didapat. Atau bahkan tidak satu pun ikan terpancing dengan umpan kita.

Begitulah hidup. Boleh bermimpi, tapi untuk mencapainya kita harus bersedia melalui segala prosesnya. Tak jarang juga kita bakal menemukan cobaan di tengah jalan. Seperti pancingan yang tiba-tiba rusak. Lalu apa kuncinya? Kesabaran! Hati yang bersabar, akan membawa kita pada pikiran yang tenang dan mudah melewati segala sesuatunya.

2. Kadang apa yang kita dapatkan tidak semuanya sesuai dengan ekspektasi

Tidak bisa dimungkiri, ekspektasi itu pasti selalu ada. Mungkin saja saat memancing kita pernah mengharapkan ikan yang berukuran besar atau ikan jenis tertentu untuk didapatkan. Tapi nyatanya, bukan ikan tersebut yang tertangkap.

Pula, seperti hidup ini yang sering memberikan kejutan bahwa apa yang kita hendaki tidak semuanya bisa terpenuhi. Dan sudah semestinya kita sebagai manusia biasa harus bisa menerima dan berlapang dada atas segala yang diberikan. Coba lagi dan lagi.

3. Rezeki tiap manusia itu sudah diatur, biarkan saja bila ada orang lain yang mengais rezeki dengan cara yang sama dengan kita

Pernah menemui orang beramai-ramai sedang memancing dalam suatu tempat? Itulah salah satu hal yang dapat kita pelajari dari memancing. Melansir dari laman http://poker88asia.info/ maka dari situ kita bisa banyak belajar, bagaimana cara kita menempatkan diri dalam sebuah persaingan. Biarkan saja bila ada orang lain yang ingin mencari rezeki dalam lingkungan atau cara yang sama dengan kita.

Yakini bahwa rezeki tiap manusia sudah digariskan. Tidak sepatutnya kita menghalangi orang yang berniat mencari rezeki dengan alasan apa pun, termasuk ketakutan itu sendiri. Karena ketakutan hanya milik orang yang tidak percaya akan kemampuan dirinya.

4. Mendapatkan sesuatu dari jerih payah kita sendiri itu lebih memuaskan

Coba pikirkan lagi, apa sih yang dikejar orang hobi mancing ikan kalau bukan kepuasan itu sendiri? Bukan semata-mata karena ikan. Kalau pun mau, banyak cara untuk dapatkan ikan selain memancing. Dengan membeli misalnya, atau menangkapnya dengan jaring.

Mendapatkan sesuatu yang didapatkan dengan hasil keringat kita sendiri itu akan menciptakan kepuasan tersendiri dari pada menerima pemberian orang lain.

5. Bahagia itu mudah, tidak perlu repot mencarinya asal pandai bersyukur

Sejatinya, kebahagiaan itu kita sendiri yang merasakan. Kita sendiri yang tahu bagaimana cara ciptakan kebahagiaan.

Bagi sebagian orang, kebahagiaan bisa ditemukan dengan hanya memancing. Sesederhana itu. Berbanding terbalik, di luar sana banyak orang yang mencari kebahagiaan dengan cara berfoya-foya atau menghabiskan banyak materi untuk sekadar mengikuti tren. Bukankah begitu?

Intinya, jadilah diri sendiri. Tidak perlu susah payah mencari kebahagiaan menurut definisi orang lain. Tidak perlu menjadi orang lain untuk berbahagia. Bersyukurlah atas kehidupanmu, maka niscaya kebahagiaan akan selalu menyertai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *