5 Cara Mudah Hilangkan Pola Pikir Judgmental

5 Cara Mudah Hilangkan Pola Pikir Judgmental

society Sosial

5 Cara Mudah Hilangkan Pola Pikir Judgmental

5 Cara Mudah Hilangkan Pola Pikir Judgmental – Pada era saat ini, banyak orang yang bersikap seolah paling tahu mengenai kehidupan orang lain. Sehingga mereka dengan mudahnya berasumsi tanpa melihat fakta yang ada. Imbasnya, banyak dari mereka dengan cepat menilai seseorang berdasarkan satu sudut panjang saja. Padahal sikap mudah menghakimi orang lain akan membawa dampak buruk bagi orang yang bersangkutan.

Jika kamu merasa memiliki pola pikir yang demikian, maka segeralah berbenah. Buang jauh-jauh mindset tersebut dengan beberapa cara ampuh seperti berikut.

1. Pahami bahwa tindakan dan kepribadian seseorang itu berbeda

Saat kamu menilai orang lain berdasarkan tindakannya, misalnya seseorang tidak menyapamu di tengah keramaian, maka saat itu juga kamu akan menganggap bahwa dia orang yang tidak ramah. Meskipun tindakannya kurang mengenakkan, alangkah baiknya kamu memikirkan kemungkinan-kemungkinan yang bisa saja terjadi di balik sikapnya yang demikian.

Sehingga jangan menilai orang lain berdasarkan satu tindakan saja, namun pertimbangkan juga mengenai aspek kepribadiannya yang lain. Sebab setiap orang pasti punya sisi baiknya masing-masing.

2. Kontrol diri saat mulai menghakimi orang lain

Dilansir dari lamann https://slotpragmatic.asia/ menghilangkan pola pikir judgmental memang bukan perkara yang mudah. Namun, kamu bisa sedikit demi sedikit meguranginya dengan melakukan kontrol diri saat pola pikir tersebut mulai muncul.

Segera sadarkan dirimu lewat beberapa pertanyaan mendalam, seperti; ‘Apakah menghakimi orang lain bisa membawa hal yang bermanfaat?’ ‘Bagaimana jika yang aku pikirkan ini tak sesuai dengan yang sebenarnya?’.

3. Cobalah memosisikan diri seperti orang lain

Setiap orang itu berbeda. Mulai dari karakternya, sikapnya, cara berbicara, cara berpenampilan, atau cara berpikirnya. Perbedaan itulah yang terkadang bisa memengaruhi pola pikir seseorang untuk cepat menghakimi orang lain.

Namun tak banyak yang sadar bahwa perbedaan itu tercipta lantaran latar belakang masing-masing yang tak serupa. Misalnya perbedaan kebiasaan yang terbangun di keluarganya atau perbedaan mengenai peristiwa apa saja yang sudah ia alami. Sehingga sebelum menghakimi orang lain, ada baiknya kamu memosisikan diri seperti mereka, atau berusaha mengulik lebih dalam lagi dari segi perspektif mereka.

4. Berpikir tentang kesamaan bukan perbedaan

Perbedaan yang ada di antara kamu dengan orang lain merupakan suatu kecenderungan yang bisa memicu tindakan mudah menghakimi orang lain. Untuk mengantisipasinya, kamu perlu membuka pikiranmu lagi dengan cara berhenti memerhatikan perbedaan yang ada.

Lebih baik fokus untuk mencari kesamaan di antara kalian. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah berbaur dengannya tanpa perlu menciptakan penghakiman terlebih dahulu.

5. Jangan merasa selalu benar

Setiap orang tentu memiliki cara tersendiri untuk bersikap dan berperilaku. Namun, terkadang keyakinanmu terhadap kebenaran perihal perbuatan yang kamu lakukan cenderung membuatmu mudah menghakimi orang lain.

Kamu merasa bahwa apa yang dilakukan orang lain yang berbeda darimu adalah hal yang salah. Padahal belum tentu demikian, karena tiap orang juga memiliki pandangan masing-masing. Jadi terimalah kenyataan yang berbeda dari keyakinanmu, agar kamu lebih bisa menghargai orang lain tanpa perlu menghakimi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *